Pages

Senin, 29 Maret 2010

Ciri-ciri asam urat tinggi

Asam urat sebenarnya salah satu jenis dari Rematik. Ada sekitar 100-an jenis rematik, namun yang membedakan asam urat dengan rematik pada umumnya adalah asam urat atau gout lebih menyerang di bagian sendi, khususnya sendi-sendi jari.

Asam urat adalah zat yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat di dalam persendian. Sendi merupakan bagian yang paling mudah dihinggapi kristal-kristal asam urat selain juga pada bagian kulit dan ginjal yang merupakan akibat dari penambahan kadar asam urat dalam darah. Kristal-kristal tersebut akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga terjadilah peradangan akut atau terjadi gout. Jika terjadi selama bertahun-tahun, deposit kristal asam urat dalam sendi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen.
Ciri-ciri serangan pertama asam urat pada umumnya berupa serangan akut yang terjadi pada pangkal ibu jari kaki, dan seringkali hanya satu sendi yang diserang. Namun gejala–gejala tersebut dapat juga terjadi pada sendi lain seperti pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, tangan atau jari, juga termasuk juga ginjal.

Mengatasi asam urat pun lebih mudah, anda cukup menghindari makanan seperti: jeroan seperti usus, limpa, paru, hati, jantung, dan otak. Melinjo dan olahannya seperti emping; Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti kedelai, - kacang tanah, kacang hijau, toge, oncom, tempe, tahu. Makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet. Kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ekstrak daging/kaldu. Minuman beralkohol seperti bir, tape, ragi, tuak, dan minuman hasil fermetasi lainnya. Sayuran dan buah seperti: bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kacang polong, kacang buncis, kembang kol, nanas, durian, dan air kelapa.

Penyakit rematik ada ratusan jenisnya. Bahkan, hampir seluruh penduduk dunia pernah mengalami nyeri atau pegal di bagian tubuhnya. Jangan anggap sepele, karena pegal ini bisa jadi gejala rematik. Tua muda, bahkan anak-anak bisa terserang rematik.

Cakupan pengertian tentang rematik memang cukup luas. Ciri-cirinya terasa nyeri di daerah persendian, pembengkakan, kemerahan, gangguan fungsi sendi dan jaringan di sekitarnya termasuk gejala rematik. Bahkan, semua gangguan pada daerah sendi, otot, dan tendon disebut rematik.

Rematik terdiri dari lebih 100 jenis. Tapi, ada empat jenis rematik yang sering dijumpai di Indonesia, yakni osteoarthritis yang disebabkan oleh pengapuran; rematik luar sendi yang menyerang jaringan di luar tulang rawan; rematik peradangan dan rematik yang disebabkan oleh pengeroposan.

Sekitar 50% keluhan nyeri sendi disebabkan oleh pengapuran. Pengapuran berarti menipisnya jaringan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan persendian. Bantalan yang aus menyebabkan terjadinya gesekan tulang sehingga menimbulkan nyeri. Pengapuran ini merupakan proses degenerasi yang dimulai pada usia 40 tahun.
Sayangnya belum ditemukan obat untuk penyembuhan pengapuran. Pengobatan yang diberikan sekadar untuk menghilangkan gejala. Jika sudah benar-benar rusak, harus dilakukan operasi penggantian sendi.

Pada usia muda umumnya rematik disebabkan oleh peradangan. Peradangan ini bisa disebabkan karena asam urat atau sebab lain. Rematik karena asam urat banyak dijumpai pada pria berusia 30-40-an. Hal ini terjadi karena kelebihan hasil metabolisme purin yang tertimbun di persendian. Timbunan ini yang menimbulkan rasa sakit di persendian.

Sedangkan Rheuumatoid Arthritis (RA) termasuk peradangan persendian yang penyebanya masih belum diketahui.
RA bisa menyerang siapapun termasuk balita. Peradangan penyakit ini terjadi pada jaringan synovial yang terdapat dalam persendian. Jaringan ini berfungsi untuk menghasilkan cairan pelumas dalam sendi. Pada pasien RA, jaringan ini membengkak dan banyak menunjukkan sel yang meradang.

Pengobatan rematik yang benar membutuhkan diagnosa yang tepat mengingat rematik terdiri dari ratusan jenis. Pasien rematik akan menjalani tes darah dan foto rontgen untuk didiagnosa jenis rematiknya. Setelah itu bisa diputuskan program dan lamanya pengobatan.

Olahraga ringan seperti jalan kaki bermanfaat untuk penderita rematik karena asam urat. Pasalnya, jalan kaki membakar kalori, memperkuat otot dan membangung tulang yang kuat tanpa menganggu persendian yang sakit.
Untuk melakukan olahraga sebaiknya meminta pendapat dokter atau terapis supaya mengetahui gerakan-gerakan terbaik.

Source : http://www.kangprasetya.co.cc

50 komentar:

Anonim mengatakan...

saya kalo jalan terlalu lama suka sakit telapak kaki tempat tumpuan. sampai ke pinggang akhirnya sakit juga. tapi sakitnya hanya sebelah kanan saja, sebalah kiri tidak. kenapa ya?

Efi mengatakan...

kalo ibu menyusui terserang asam urat.... obat dan terapi apa yg baik tanpa mengganggu proses pemberian asix... mohon penjelasannya?

Anonim mengatakan...

saya mau tanya klu semua makanan gx boleh dimakan,terus apa yg harus dimakan?????????????

Anonim mengatakan...

saya mengalami permasalahan pada sendi (dengkul), saya merasakan sakit jika melipat kaki khususnya ketika sholat. hal lain yg saya rasakan keram-keram pada tangan dan kaki. oleh karena itu mohon bantuannya bagaimana solusinya dan termasuk penyakit apa?. terima kasih sebelumnya.

obat asam urat mengatakan...

obat alami asam urat,obat asam urat, obat tradisional asam urat ,obat asam urat alami, asam urat dan pengobatannya, pengobatan asam urat,pengobatan tradisional asam urat,obat alami diabetes,obat tradisional untuk asam urat,penyakit asam urat,herbal asam urat,pengobatan alami asam urat, obat tradisional diabetes, pengobatan alternatif asam urat, obat herbal diabetes, obat alami untuk asam urat, mengobati asam urat, asam urat dan kolesterol,obat asam urat herbal, obat kolesterol dan asam urat, herbal untuk asam urat,jamu tradisional asam urat,ramuan tradisional asam urat, ramuan obat asam urat,obat herbal untuk diabetes, obat alternatif diabetes, makanan anti asam urat, pengobatan alami diabetes,herbal keladi tikus, obat tradisional herbal ,ramuan obat herbal

Anonim mengatakan...

makan nasi putih aja kaleeee, itu juga kalau boleh...

Anonim mengatakan...

apa yang harus saya lakukan bila saya sudah merasakan semua keluhan seperti disebutkan?

OBAT VAGINA BIKIN SEPERTI PERAWAN mengatakan...

Sekedar kasih info ...
Sekarang telah hadir obat herbal berkualitas bikin vagina kembali seperti perawan

Anonim mengatakan...

belakangan ini bagian telapak kaki sakit, dan merambat ke punggungtlapak kaki, sekitar mata kaki dan tulang betis bawah bagian depan. sebelumnya sering sakit ibu jari kaki sebelah kanan.
kaki juga sekarang sering bgt kesemutan. kalo pinggang n punggung juga sering klo kerja berat bahkan shabis mencuci..
aduh apa itu reumatik gitu ya????

Anonim mengatakan...

buat smuanya apa yg anda rasakan ada solusinya.ini pengalaman pribadi saya.dulu saya sering ksemutan,rasany sprti d tusuk2 jarum.yg lebh parhny lg klo bwt bungkuk sy da g kwt tlang blakang sprt mau patah.tp skrang smwny tlh brlalu s't sy berbekam(alhijamah)scr rtin.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mkasih nih infonya,,,

obat tradisional asam urat mengatakan...

thanks bgt nih gan,,,
info yg krennn bgt...

xamthone plus mengatakan...

wahh klo di liat dari ciri-cirinyaa,ternyata cukup berbahaya juga,,,,

cara menjadi agen xamthone plus mengatakan...

Xamthone plus multikhasiat dan alami, jadi tak perlu diragukan lagi

mengobati penyakit stroke mengatakan...

untuk menjaga tbuh kita dari penyakit asam urat segera tangani dengan obat herbal xamthone plus,karena obat ini yng bisa menjaga tbuh kita dri berbagai penyakit..

cara pemesanan jelly gamat mengatakan...

adapun untuk khasiat jelly gamat yaitu :
obat asma
obat jantung koroner
Obat penyakit kanker serviks
obat herbal penyakit jantung
obat alami batu ginjal
obat alami kolesterol

Harga xamthone plus jakarta mengatakan...

Info yg sngt menarik skali nih gan,,,
thanks bgt ya,,,

mampir ke lapak kami :
Gamat gold
Pengobatan asma
obat herbal gagal ginjal
obat tradisional liver empedu

Obat herbal kanker Kelenjar getah bening mengatakan...

makasih banyak informasinya

cara pengobatan mengatakan...

klo sy plg krj tlapak kaki dan dengkul sy ska skt apalagi klo jongkok krasa banget sktnya..pa it jg bsa d sbut rematik ato asam urat?mhon pnjelasanya.

halid mengatakan...

maksih infonya,,

obat asam urat mengatakan...

makasih infonya sangat bagus

Obat herbal gagal ginjal mengatakan...

baru tahu ane gan

obat stroke mengatakan...

mantap deh cin mantap banget

Obat Asam Urat mengatakan...

nicei nfo gan :D

obat kanker payudara mengatakan...

now playing peterpan : aku dan bintang

Sirsak mengatakan...

peterpan : bintang di surga

Obat alami infeksi saluran kemih mengatakan...

asam urat

Obat kencing manis alami mengatakan...

penyakit asam urat

cara pemesanan ace maxs mengatakan...

asam urat sama dengan nyeri sendi gx??

cara pemesanan ace maxs mengatakan...

info yang sangat bermanfaat

cara mengobati kanker serviks mengatakan...

keren banget deh info nya dan sangat bermanfaat seklai untuk saya gan

cara mengobati asam urat mengatakan...

sanagt menarik sekali infonya gan

Obat Alami Migren mengatakan...

infonya menarik sekali gan,

cara mengobati stroke mengatakan...

mkasih infonya

cara mengobati kanker hati mengatakan...

sangat bermanfaat infonya
mkasih di tunggu postingan berikutnya

cara mengobati kanker paru paru mengatakan...

terima kasih infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya

cara mengobati kanker hati mengatakan...

sanagat bermanfaat sekali infonya
salam kenal

obat alami diabetes melitus mengatakan...

makasih infonya

obat alami alzheimer mengatakan...

informasi yang bermanfaat gan

cara mengobati jantung koroner mengatakan...

menambah pengetahuan saya setelah membaca artikel ini

Ace maxs mengatakan...

thanks sobat atas informasinya :D

Obat herbal stroke mengatakan...

ciri ciri asam urat ternyta itu ya,,,

cara mengobati stroke mengatakan...

wah infonya sangat menarik sekali

migren mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat gan

cara mengobati tbc mengatakan...

setelah saya kunjungi beberapa website inilah yang bermanfaat sekali mkasih

cara mengobati kanker payudara mengatakan...

bermanfaat sekali infonya untuk di baca makasih semoga sukses selalu gan

obat gagal ginjal herbal mengatakan...

mantap gan informasi asam uratnya, sangat bermanfaat

Anonim mengatakan...

makasih tuk ilmu kesehatan yang sangat bermamfaat ini....! semoga diberi kesehatan bagi yang inpo juga.

obat darah tinggi mengatakan...

lancar terus pa.. semakin sukses :D

pengobatan asam urat mengatakan...

makasih beritanya.. lanjutkan

Poskan Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan isi topik